8 Add-On Firefox Wajib untuk Blogger

25/03/2012 12:21

1- Firebug adalah salah satu addons yang wajib ada pada web browser kegemaran aku, Mozilla Firefox. Firebug ni merupakan salah satu tool bagi web developer. Aku bukan web developer, tapi kenapa aku menggunakan Firebug? Dah tentu la untuk kerja-kerja blogging. Firebug dah banyak membantu aku dalam menguruskan blog terutamanya dalam aktiviti mengubahsuai theme.

Mungkin ramai lagi yang masih belum tau kehebatan Firebug ni, kan? Ada juga yang tak tau langsung tentang kewujudan ‘serangga’ ni. So, silakanlah membaca hasil penulisan daripada apa yang aku faham tentang Firebug!

Firebug merupakan salah satu addons untuk Firefox yang perlu ada bagi seseorang web developer. Dengan firebug, kita dapat mengedit, mendebug dan memonitor CSS, HTML, dan JavaScript secara live tanpa perlu membuka file editor. Firebug boleh didapatkan di kedai berhampiran http://getfirebug.com atau di laman khas addons Firefox.

Fungsi Firebug:

* Menampilkan HTML dalam bentuk yang mudah dibaca. Formatnya disusun dalam bentuk colapsible tree. Ini membantu kita dalam mendebug susunan tree HTML serta dapat mengubah gaya dan susun aturnya secara real-time.
* Mempunyai ‘inspector’, di mana kita boleh melihat style dan komponen pada mana-mana web dengan mengklik komponen tersebut. Kita juga dapat mengedit style dan komponen tersebut.
* Menggunakan JavaScript Debugger tercanggih yang tersedia pada mana-mana browser
* Menganalisa penggunaan rangkaian dan prestasi dengan tepat

Karena filenya gede & harus menyesuaikan versi Mozillanya .. langsung cekidut di Homenya aja
https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/firebug/

 

 

2. ScribeFire

ScribeFire adalah pranti editing yang bisa digunakan untuk menulis pos secara mudah untuk blog anda. Anda bisa menulis p os dengan platform Blogspot atau WordPress.

Download

3.Time Tracker

Waktu adalah penting bagi blogger. Hingga kita harus cermat mengaturnya agar efektif dan efisien. Add-on TimeTracker akan memberitahu anda berapa banyak waktu yang telah anda habiskan di dalam browser anda.

Download

4.Morning Coffee

Anda dan saya pasti rutin mengunjungi situs-situs tertentu, seperti blog pribadi, Google, portal berita atau akun adsense anda. Dengan add-on ini dimudahkan mengunjungi situs atau blog langganan anda. Add on ini akan membuka semua situs rutin itu secara serempak di tab dengan hanya satu klik.  Anda akan bisa mengatur jadwal kunjungan sesuai hari-hari tertentu.

Download

54. All-in-One Sidebar

The All-in-One Sidebar (AiOS) bisa menampilkan  panel sidebar yang memunculkan kotak windwos seperti: downloads, extensions, addons, kode sumber sebuah website di sidebar.

Download

6. Shareaholic

Nah add-ons satu ini untuk anda yang aktif menggunakan media jejaring pertemanan yang sekarang sedang populer. semacam facebook, Twitter, dan sebagainya. Shareaholic memudahkan anda membagi, bookmark, Email ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Digg, Delicios, Reddit, StumbleUpon dan  sebagainya.

Download

7. seo Quake

SeoQuake membantu optimasi blog anda di mesin pencari (saya suka sekali add-ons ini). Dengan add-ons ini, anda bisa melihat setiap situs dengan data sepertiL Google PageRank, jumlah halaman diindeks Google, Alexa Rank, informasi WhoIs dan banyak info SEO lainnya. Anda tak perlu repot lagi memeriksa PR sebuah blog dengan membuka Google PR dulu, memasukkan alamat URL dan kode sekuriti.  Begitu anda membuka sebuah situs atau blog, data itu sudah otomatis ada di hadapan anda di bagian atas browser.

Download

8. Link Checker

Banyak blogger menggunakan link terkait di dalam pos blog mereka. Tapi apakah anda telah memerika validitas link tersebut. Untuk mengujinya anda butuh waktu lama. Tapi dengan add-on ini anda dengan mudah memeriksa link-link tersebut: jangan-jangan sudah mati dan menampilkan laman 404 Pages.

Download

Topic: 8 Add-On Firefox Wajib untuk Blogger

No comments found.

New comment