Kyai Ceramah Di Debat Pengikut Wahabi Salafy

20/09/2011 22:36

Magelang, suara NU. – Taqiyudin, kyai muda dari Mertoyudan Magelang, tidak menyangka bahwa ceramahnya pada saat acara Sadaran di Kecamatan Candimulyo, mendapat reaksi dari dua orang pengikut Wahabi Salafy yang kebetulan mendengar ceramahnya. Dalam ceramahnya Taqiyudin menerangkan tentang jenggot sebagai sunnah dan bukan hal yang wajib. Rupanya dua orang pengikut Sahabi Salafy yang ikut pula mendengarkan tisak terima, sehingga selang sehari dua orang itu mendatangi Kyai untuk mengajak berdebat.

Maka terjadilah adu argumentasi terkait masalah isi ceramah tersebut. Taqiyudin berpandangan bahwa simbol formalitas dalam islam, seperti berjenggot, berjubah mendirikan negara Islam bukan menjadi sebuah tujuan. Namun sarana untuk mencapai tujuan. Hal ini tidak serta merta cocok dengan kondisi negara kita, terbukti metode dakwah yang seperti itu sudah dilakukan ratusan tahun yang lampau. lebih dari 700 tahun tidak berhasil karena mendapatkan penolakan dari masayarakat.Baru setelah walisongo berdakwah dengan pendekatan kultural, hampir seluruh bangsa Indonesia menerima islam sebagaimana kita lihat sekarang ini. Hal ini yang tersu dijaga oleh kaum Nahdliyin dengan filosofi menjaga tradisi lama yang baik dan terus mengambil hal-hal yang lebih baik lagi. Rupanya mereka tidak mau menerima argumen Kyai, langsung dengan nada tinggi mengatakan “tapi kan berjenggot itu sunnah nabi?”

“Betul” Kyai menimpali, “sunnah nabi tidak hanya jenggot, segala perkataan itu sunnah nabi, akhlak nabi juga sunnah, maka jangan salah mengartikan. Karena kalau hanya melihat dari cara berpakaian saja, Abu Jahal yang memusuhi nabi, juga berjubah” paparnya panjang lebar.

Yang berjenggot bukan hanya umat Islam saja, umat lain juga banyak yang berjenggot, jadi bukan ukuran berjenggot atau tidak dalam mengamalkan sunnah nabi.

Sekarang ini mulai banyak yang mengatakan, kita itu tidak perlu NU-NU-an, yang penting Islam titik. Waspadalah kemungkinan besar yang mengatakan itu dari kelompok Wahabbi Salafy yang sedang mengembangkan fahamnya, atau setidak-tidaknya jika bukan dari mereka, kemungkinandari simpatisan maupun orang yang sudah berhasil dipengaruhi mereka. Taqiyudin menambahkan, para Kyai  muda harus menambah wawasan agara dapat mengatasi hal persoalan-persoalan semacam itu.(Nur)

 

sumber

Topic: Kyai Ceramah Di Debat Pengikut Wahabi Salafy

Date: 27/04/2014

By: sahroni

Subject: mengkafirkan

jangan suka mengkafirkan orang salah salah ente yang jadi kafir

Date: 14/04/2014

By: hati

Subject: kiamat

sabda rosul* besok nek hari kiamat sdh dekat jk para ulama diambil dulu oleh allah'.
.knapa koq ulama yg dsebut,koq bkan jk kitab2 sdh trbakar?.
.ini mnjukkan bhwa ilmu,kitab tdk bs mjd penuntun, tp harus ada gurunya yg menuntun.
.bukan guru yg berilmu,alim,pinter, mlainkan guru yg istimewa.
So marilah kita berguru. !!
Kitab tanpa guru bs mnysatkan

Date: 25/09/2013

By: nurdin

Subject: hidup sunnah

imam syafi' berkata jika orang bodoh yang pandir mgajak debat jangan di jawab karena diamnya anda itulah jawaban bagi merek seperti orang orang sesat dari kalngan kuburian dan orang orang yang sering bertawasul trhdap orang yang mati zseperti ASWAJA YANG ANEH BIN NYELENAH HIDUP SUUNAH...........

Date: 18/08/2013

By: Abdullah al-Jakartawy

Subject: Paham Wahhabiyah Sesat

Paham wahhabiyah sesat, menyesatkan, dan meresahkan masyarakat karena merupakan sumber terorisme.

Date: 03/05/2013

By: cinta rosul

Subject: tidak ada yg salah dalam islam

Aslmkm wrwb.untuk saudara2ku umat muslim isya Allah kita semua ga ada yg salah semua benar.pemahaman kita aja yang sdikit ilmu,saya prnah mempelajari tentang islam baik salafi,NU alhmdulilliah terjawab semua.saya pikir banyak kesalahpahaman Diantara kita dlm menyikapi suatu permasalahan. Semua baik dan benar musuh kita umat islam yaitu yahudi dan nasrani yg selalu merasa senang apabila umat islam selalu bertengkar sling tuduh saling bermusuhan.saya mohon umat muslim bersatu.Amin

Date: 31/03/2013

By: Abul Haromain

Subject: Salafy Wahaby Picik

Sejak keluarnya Sawah 5-7 thn belakangan ini banyak fitnah yg muncul ditengah kaum muslimin di indonesia.. Dengan fahamnya yg sempit dan membababi buta mengkafirkan dan membid'ahkan ummat islam yg aswaja menimbulkan keprihatinan yang meluas..Namun pada akhirnya terkuaklah siapa itu salafy wahaby yag sbenarnya..Memang bagi orang2 yg buta dan jahil sama sekali masalah agama akan cepat sekali tertular virus sawah dan terdoktrin dengan faham2 atau dalil2 mentah yg masih perlu sekali penterjemahan secara luas...Inilah awal kebodohan dan kegegabahan mereka dakam memahami hukum islam ditamabah dengan nafsu syahwat yang telah menggelora untuk membid'ahkan dan mengkafirkan ummat islam yg tidak sepaham dengan kebdodohan dan kedangkalan ijtihadnya, termasuk pendiri mereka yang begitu disanjung2 seperti nabi yaitu muhammad bin abdul wahhab..

Date: 24/12/2012

By: ibnu ibrahim

Subject: Shalawat & jenggot

Siapa bilang salafy ga suka shalawatan? Shalawat kami shalawat yg sunnah mas, yg diucapkn scara prlahn, dgn khusyu, dgn pndalaman sesuai syariat, bukan model kalian yg penuh dgn bid'ah, khurafat & ghuluw..
Masa' shalawat kok teriak2 bareng2 kyk org ga pnya etika.. Memangnya rasulullah dulu menyuruh para shahabat utk memanggil2 nama beliau dgn teriak2?.. Ga msk di akal..!
Mngenai jenggot, printahnya udh jelas : "potonglah kumis & peliharalah jenggot", bukan potonglah kumis & punyailah jenggot.. Artinya kalau jenggotnya ada ya dipelihara, jgn dicukur.. Kalau ga ada ya ga ush diada2kan, apalg smpai cr obat pnumbuh bulu.. Ga kyk gt mas pemahamannya..

Date: 23/12/2012

By: mario

Subject: jenggot

kalau solawat sama nabi aja ga mau gimana mana mau dapat safaat dihari kiamat

salafi wahabi terlalu exlusif ga mau gaul kalau bukan sesama pengikut .apa seperti itu akhlak nabi. katanya paling sunnah

lagian kasihan juga buat orng2 yg ga berjenggot



Date: 23/12/2012

By: abuabdillah

Subject: jangan membenci sunnah

Hukum jenggot adalah wajib, itu ksepakatn imam 4 mazhab.. Imam syafii sndiri prnh tdk mngambil hadits dr seorg perawi hnya krn beliau melihatnya mncukur jenggot..
Kalaupun itu hukmnya sunnah, knp kita enggan utk melaksanakn, bukankah kita msti mnjalankn agama ini scara kaffah..
Kita mngaku cinta kpd rasulullah tp membenci pnampilan beliau?..
Tdk ingatkah dgn sbda rasulullah : "Brg siapa yg membenci sunnahku maka bukan ummatku.."

Date: 11/11/2012

By: muslimah

Subject: jangan merasa paling benar

gak usah mengatakan bahwa kelompok sayalah yang palibg benar pemahamannya,semoga kita semua benar karena ada dasarnya masing 2..yg penting kita ngaji ada gurunya..gak usah lihat perbedaan yg ga prinsip..umat islam harus maju bersama...terlalu bodoh umat isam hanya mengurusi perbedaan...mari berjalan bersama..buktikan kita umat yg satu yang bermanaat bagi sesama...

1 | 2 >>

New comment