Tahlilan sampai tujuh hari ternyata tradisi para sahabat Nabi Saw dan para tabi'in

18/10/2011 23:18

oleh  (Ibnu Abdillah Al-Katibiy)

 Tidak semua budaya itu lantas diharamkan, bahkan Rasulullah Saw sendiri mengadopsi tradisi puasa ‘Asyura yang sebelumnya dilakukan oleh orang Yahudi yang memperingati hari kemenangannya Nabi Musa dengan berpuasa. Syare’at telah memberikan batasannya sebagaimana dijelaskan oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib saat ditanya tentang maksud kalimat “ Bergaullah kepada masyarakat dengan perilaku yang bauik “, maka beliau menjawab “ Yang dimaksud perkara yang baik dalam hadits tersebut adalah :

    هو موافقة الناس في كل شيئ ما عدا المعاصي

    “ Beradaptasi dengan masyarakat dalam segala hal selain maksyiat “. Tradisi atau budaya yang diharamkan adalah yang menyalahi aqidah dan amaliah syare’at atau hukum Islam.

    Telah banyak beredar dari kalangan salafy wahhaby yang menyatakan bahwa tradisi tahlilan sampai tujuh hari diadopsi dari adat kepercayaan agama Hindu. Benarkah anggapan dan asumsi mereka ini??
    Sungguh anggapan mereka salah besar dan vonis yang tidak berdasar sama sekali. Justru ternyata tradisi tahlilan selama tujuh hari dengan menghidangkan makanan, merupakan tradisi para sahabat Nabi Muhammad Saw dan para tabi’in.

    Perhatikan dalil-dalilnya berikut ini :

    Imam Suyuthi Rahimahullah dalkam kitab Al-Hawi li al-Fatawi-nya mengtakan :

    قال طاووس : ان الموتى يفتنون في قبورهم سبعا فكانوا يستحبون ان يطعموا عنهم تلك الايام

    “ Thowus berkata “ Sungguh orang-orang yang telah meninggal dunia difitnah dalam kuburan mereka selama tujuh hari, maka mereka (sahabt Nabi) gemar (bersedekah) menghidangkan makanan sebagai ganti dari mereka yang telah meninggal dunia pada hari-hari tersebut “.

    Sementara dalam riwayat lain :

    عن عبيد بن عمير قال : يفتن رجلان مؤمن ومنافق, فاما المؤمن فيفتن سبعا واماالمنافق فيفتن اربعين صباحا

    “ Dari Ubaid bin Umair ia berkata “ Dua orang yakni seorang mukmin dan seorang munafiq memperoleh fitnah kubur. Adapun seorang mukmin maka ia difitnah selama tujuh hari, sedangkan seorang munafiq disiksa selama empat puluh hari “.


    Dalam menjelaskan dua atsar tersebut imam Suyuthi menyatakan bahwa dari sisi riwayat, para perawi tasar Thowus termasuk kategori perawi hadits-hadits shohih.
    Thowus yang wafat tahun 110 H sendiri dikenal sebagai salah seorang generasi pertama ulama negeri Yaman dan pemuka para tabi’in yang sempat menjumpai lima puluh orang sahabat Nabi Saw. Sedangkan Ubaid bin Umair yang wafat tahun 78 H yang dimaksud adalah al-Laitsi yaitu seorang ahli mauidhoh hasanah pertama di kota Makkah dalam masa pemerintahan Umar bin Khoththob Ra.

    Menurut imam Muslim beliau dilahirkan di zaman Nabi Saw bahkan menurut versi lain disebutkan bahwa beliau sempat melihat Nabi Saw. Maka berdasarkan pendapat ini beliau termasuk salah seorang sahabat Nabi Saw.

    Sementara bila ditinjau dalam sisi diroyahnya, sebgaimana kaidah yang diakui ulama ushul dan ulama hadits bahwa “ Setiap riwayat seorang sahabat Nabi Saw yang ma ruwiya mimma la al-majalla ar-ra’yi fiih (yang tidak bisa diijtihadi), semisal alam barzakh dan akherat, maka itu hukumnya adalah Marfu’ (riwayat yang sampai pada Nabi Saw), bukan Mauquf (riwayat yang terhenti pada sahabat dan tidak ampai kepada Nabi Saw).

    Menurut ulama ushul dan hadits, makna ucapan Thowus ;

    ان الموتى يفتنون في قبورهم سبعا فكانوا يستحبون ان يطعموا عنهم تلك الايام

    berkata “ Sungguh orang-orang yang telah meninggal dunia difitnah dalam kuburan mereka selama tujuh hari, maka mereka (sahabt Nabi) gemar (bersedekah) menghidangkan makanan sebagai ganti dari mereka yang telah meninggal dunia pada hari-hari tersebut “, adalah para sahabat Nabi Saw telah melakukannya dan dilihat serta diakui keabsahannya oleh Nabi Saw sendiri.

    (al-Hawi) li al-Fatawi, juz III hlm. 266-273, Imam As-Suyuthi).

    Maka tradisi bersedekah selama mitung dino / tujuh hari atau empat puluh hari pasca kematian, merupakan warisan budaya dari para tabi’in dan sahabat Nabi Saw, bahkan telah dilihat dan diakui keabsahannya pula oleh beliau Nabi Muhammad Saw.
 

 

oleh aLa Kulli Haal

DALIL DALIL TAHLILAN YANG TIDAK MUNGKIN BISA DI BANTAH LAGI OLEH PARA WAHABI

Dalam tafsir khazin khasyiah tafsir bugawi oleh imam 'alaa-uddin ali bin muhammad bin ibrahim albagdad 725 hijriah, dan imam abu muhammad husain bin mas'ud albugawi 516 hijriah,kitabnya jumlahnya 4 jilid,cetakan darul fikr,yg harganya 250rbn,berkata ddlm ktbnya pd halaman 269 jilid ke 4 baris ke 12 dr atas ktb (ini bukan copasan,tp memang saya punya ktbnya),mengomentari ayat 39 dsurah an najm,
وقال جماعة من أصحاب الشافعي يصله ثواب قراءة القرآن وبه قال أحمد بن حنبل
Berkata kumpulan ulama dr ashhabusy syafi'i,bhw bcaan alquran itu smpai pahalanya,dan imam ahmad bin hanbal jg mengatakan ini,
وقال أحمد بن حنبل يصله ثواب الجميع
Di tambah lg imam ahmad bin hanbal mengatakan smpy pahalanya smua nya secara mutlak

Sdgkn dlm hasyiah tafsir jalalain oleh imam sulaiman al jamal 1206 hijriah,yg jumlah ktbnya 8 jilid,harganya 580rb cetakan darul fikr,letaknya pd halaman 341 pd baris ke 12 dr bwh ktb,(ini bkn copasan,tp memang saya punya ktbnya) mengomentari ayat 39 dsurah an najm
Beliau menerangkan tafsir ma'ruf al karkhi dan tafsir khatib, bhw ayat ini khusus untk kaum sblm ummat nabi muhammad,khususnya ummat nabi musa dan ibrahim,krn sblm ayat ini ada dsebut 2 nabi,jd ayat ini di nasakh untk orang mukmin,sdgkn untk orang kafir tdk dnasakh,
Dan beliau jg menambahkan spt apa yg ada di tafsir khazin diatas,bhw imam ahmad mengatakan smpai pahalanya

Sdgkn dlm hasyiah jalalain jg oleh al allamah syekh ahmad bin muhammad ash showi 1175-1241 hijriah yg jumlahnya 4 jilid,harganya 275rb cetakan darul kutub (ini bkn copas,tp saya punya ktbnya)
Mengomentari ayat 39 suran annajm pd halaman 110 baris ke 6 dr bwh ktb,
Ini nashnya
وقال الشيخ تقي الدين أبو العباس أحمد بن تيمية : من اعتقد أن الإنسان لا ينتفع إلا بعمله فقد حرق الإجماع وذلك باطل من وجوه كثير
أحدها أن الإنسان ينتفع بدعاء غيره وهو انتفاع بعمل الغير
Dsini ada 11 pembahasan tntng perkataan ibnu taimiyah,sy tdk bs nuliskan smuanya,silahkan buka saja ktbnya,krn sdh saya tls halamanx,kalau blm punya,beli saja,krn harganya jg sdh saya tlskan,ringkasnya ibnu taimiyah mengikuti imam ahmad bin hanbal pd mengatakan sampainya pahala membc alquran kpd mayit

Sdgkn dlm tafsir ruuhul ma'aani oleh al allamah abul fadhl,syihabuddin sayid mahmud al alusi 1270 hijriah,yg jumlah ktbnya 16 jilid,harganya 1jt 200rb cetakan darul kutub (saya punya ktbnya,bkn copasan),beliau mengomentari ayat 39 surah annajm pd baris ke 7 dr bwh ktbnya di halaman 65 menuju ke halaman 66 jilid ke 14,
Salah satu nash nya
وذهب أحمد بن حنبل وجماعة من العلماء ومن أصحاب الشافعي إلى أنه تصل، فالاختيار أن يقول القارئ بعد فراغه اللهم أوصل ثواب ما قرأته إلى فلان

Sdgkan dalam tafsir ibnu katsir ( abul fida ibnu katsir addimisyqi) 774 hijriah
Jumlah ktbnya 4 jilid,harganya 270rb rupiah,cetakan darul kutub (saya jg punya ktbnya,bkn ngopas smbarangan,liat foto saya,itu yg sblh kiri adalah tafsirnya),beliau mengomentari ayat 39 surah an najm di jilid ke 4,halaman 236 baris ke 16 dr bwh ktb
Memang beliau mengatakan imam syafi'i berkata bhw tdk smpai pahala itu,

ﻭﺃﻥ ﻟﻴﺲ ﻟﻺﻧﺴﺎﻥ ﺇﻻ ﻣﺎ ﺳﻌﻰ ﺃﻱ

ﻛﻤﺎ ﻻ ﻳﺤﻤﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺯﺭ ﻏﻴﺮﻩ ﻛﺬﻟﻚ

ﻻ ﻳﺤﺼﻞ ﻣﻦ ﺍﻷﺟﺮ ﺇﻻ ﻣﺎ ﻛﺴﺐ ﻫﻮ

ﻟﻨﻔﺴﻪ ﻭﻣﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻵﻳﺔ ﺍﻟﻜﺮﻳﻤﺔ

ﺍﺳﺘﻨﺒﻂ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻣﻦ

ﺍﺗﺒﻌﻪ ﺃﻥ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻻ ﻳﺼﻞ ﺇﻫﺪﺍﺀ

ﺛﻮﺍﺑﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻮﺗﻰ ﻷﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﻣﻦ

ﻋﻤﻠﻬﻢ ﻭﻻ ﻛﺴﺒﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬﺍ ﻟﻢ ﻳﻨﺪﺏ

ﺇﻟﻴﻪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ

ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻣﺘﻪ ﻭﻻ ﺣﺜﻬﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻻ

ﺃﺭﺷﺪﻫﻢ ﺇﻟﻴﻪ ﺑﻨﺺ ﻭﻻ ﺇﻳﻤﺎﺀﺓ ﻭﻟﻢ

ﻳﻨﻘﻞ ﺫﻟﻚ ﻋﻦ ﺃﺣﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ

ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺧﻴﺮﺍ

ﻟﺴﺒﻘﻮﻧﺎ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺑﺎﺏ ﺍﻟﻘﺮﺑﺎﺕ ﻳﻘﺘﺼﺮ

ﻓﻴﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺼﻮﺹ ﻭﻻ ﻳﺘﺼﺮﻑ ﻓﻴﻪ

ﺑﺄﻧﻮﺍﻉ ﺍﻷﻗﻴﺴﺔ ﻭﺍﻵﺭﺍﺀ

tp di akhir2 nya beliau brkomentar lg
فأما الدعاء والصدقة فذاك مجمع على وصولهما ومنصوص من الشارع عليهما

Alhasil bacaan alquran yg di hadiahkan kpd mayit itu sampai,
Menurut imam syafi'i pd wkt beliau masih di madinah dan dbagdad,qaul beliau sm dgn imam malik dan imam hanafi,bhw bcaan alquran tdk smpy ke mayit,
Tp stlh beliau pindah ke mesir,beliau ralat perkataan itu dgn mengatakan bcaan alquran yg di hadiahkan ke mayit itu smpy dgn dtambah berdoa Allahumma awshil tsawabahaa....dst,lalu murid beliau imam ahmad dan kumpulan murid2 imam syafi'i yg lain berfatwa bhw bcaan alquran smpai scara mutlak,wlwpn tanpa doa (dgn syarat orang itu sndri yg membaca alqurannya,bukan kaset rekaman,atau sjenisnya,kalau cuma kaset rekaman,maka semua mazhab mengatakan tdk sampai pahalanya itu,krn itu imam syafi'i dan ashhab beliau mensyaratkan ada doa untk minta smpaikan pahalanya,sdgkan kaset rekaman itu tdk mgkn ,krn orangnya yg membcanya tdk hadir lgsg untk menghadiahkan bcaan quranx itu)

Apakah yg dmaksud shodaqah itu?
Dlm hadist arbain nawawi hadist nmr 26
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
كل سلامى من الناس عليه صدقة
كل يوم تطلع فيه الشمس تعدل بين اثنين صدقة وتعين الرجل في دابته فتحمله عليها صدقة والكلمة الطيبة صدقة وبكل خطوة تمشيها صدقة وتميط الأذى عن الطريق صدقة

Liatlah dlm hadist ada perkataan, kalimat thoyibah
Ibnu hajar haitami dlm ktb beliau fathul mubin harganya skrg 65rb,pd halaman 450 cetakan darul minhaj pd baris ke 8 dr bwh ktb,mengatakan bhw kalimat thoyibah ini adalah setiap zikir2,trmasuk juga alquran,krn nama alquran jg ada azzikru,
إنا نحن نزلنا الذكر وإنا له لحافظون
Trmasuk dlm zikir2 adalah tahlil,tahmid,tasbih,sholawat,semua itu trmasuk SHODAQAH yg bs di hadiahkan kpd mayit,trmasuk jg doa untk mayit

Adapun dalil untuk 3hari,7,25,40,100 hari hingga haul inilah dalilnya

قال النبي صلى الله عليه وسلم الدعاء والصدقة هدية إلى الموتى

وقال عمر رضي الله عنه : الصدقة بعد الدفنى ثوابها إلى ثلاثة أيام والصدقة فى ثلاثة أيام يبقى ثوابها إلى سبعة أيام والصدقة يوم السابع يبقى ثوابها إلى خمس وعشرين يوما ومن الخمس وعشرين إلى أربعين يوما ومن الأربعين إلى مائة ومن المائة إلى سنة ومن السنة إلى ألف عام

Nawawi dalam Syarah

Nawawi Ala shahih Muslim Juz

1 hal 90 menjelaskan :

من أراد بر والديه

فليتصدق عنهما فان

الصدقة تصل الى الميت

وينتفع بها بلا خلاف بين

المسلمين وهذا هو الصواب

وأما ما حكاه أقضى القضاة

أبو الحسن الماوردى

البصرى الفقيه

الشافعى فى كتابه الحاوى

عن بعض أصحاب الكلام من

أن الميت لا يلحقه بعد

موته ثواب فهو مذهب باطل

قطعيا وخطأ بين مخالف

لنصوص الكتاب والسنة

واجماع الامة فلا التفات

اليه ولا تعريج عليه وأما

الصلاة والصوم فمذهب

الشافعى وجماهير العلماء

أنه لا يصل ثوابها الى

الميت الا اذا كان الصوم

واجبا على الميت فقضاه

عنه وليه أو من أذن له الولي

فان فيه قولين للشافعى

أشهرهما عنه أنه لا يصلح

وأصحهما ثم محققى متأخرى

أصحابه أنه يصح وستأتى

المسألة فى كتاب الصيام

ان شاء الله تعالى وأما قراءة

القرآن فالمشهور من مذهب

الشافعى أنه لا يصل

ثوابها الى الميت وقال

بعض أصحابه يصل ثوابها

الى الميت وذهب جماعات من

العلماء الى أنه يصل الى

الميت ثواب جميع العبادات

من الصلاة والصوم والقراءة

وغير ذلك وفى صحيح

البخارى فى باب من مات

وعليه نذر أن ابن عمر أمر من

ماتت أمها وعليها صلاة أن

تصلى عنها وحكى صاحب

الحاوى عن عطاء بن أبى رباح

واسحاق بن راهويه أنهما قالا

بجواز الصلاة عن الميت

وقال الشيخ أبو سعد عبد

الله بن محمد بن هبة الله

بن أبى عصرون من أصحابنا

المتأخرين فى كتابه

الانتصار الى اختيار هذا

وقال الامام أبو محمد البغوى

من أصحابنا فى كتابه

التهذيب لا يبعد أن يطعم

عن كل صلاة مد من طعام

وكل هذه إذنه كمال ودليلهم

القياس على الدعاء

والصدقة والحج فانها تصل

بالاجماع ودليل الشافعى

وموافقيه قول الله تعالى

وأن ليس للانسان الا ما

سعى وقول النبى صلى

الله عليه وسلم اذا مات ابن

آدم انقطع عمله الا من ثلاث

صدقة جارية أو علم ينتفع

به أو ولد صالح يدعو له

“Barangsiapa yg ingin

berbakti pada ayah ibunya

maka ia boleh bersedekah

atas nama mereka (kirim amal

sedekah untuk mereka), dan

sungguh pahala shadaqah itu

sampai pada mayyit dan akan

membawa manfaat atasnya

tanpa ada ikhtilaf diantara

muslimin, inilah pendapat

terbaik, mengenai apa apa yg

diceritakan pimpinan Qadhiy

Abul Hasan Almawardiy

Albashriy Alfaqiihi Assyafii

mengenai ucapan beberapa

Ahli Bicara (semacam

wahabiy yg hanya bisa bicara

tanpa ilmu) bahwa mayyit

setelah wafatnya tak bisa

menerima pahala, maka

pemahaman ini Batil secara

jelas dan kesalahan yg

diperbuat oleh mereka yg

mengingkari nash nash dari

Alqur ’an dan Alhadits dan

Ijma ummat ini, maka tak

perlu ditolelir dan tak perlu

diperdulikan.

Namun mengenai pengiriman

pahala shalat dan puasa, maka

madzhab Syafii dan sebagian

ulama mengatakannya tidak

sampai kecuali shalat dan

puasa yg wajib bagi mayyit,

maka boleh di Qadha oleh

wali nya atau orang lain yg

diizinkan oleh walinya, maka

dalam hal ini ada dua

pendapat dalam Madzhab

Syafii, yg lebih masyhur hal

ini tak bisa, namun pendapat

kedua yg lebih shahih

mengatakan hal itu bisa, dan

akan kuperjelas nanti di Bab

Puasa Insya Allah Ta ’ala.

Mengenai pahala Alqur’an

menurut pendapat yg

masyhur dalam madzhab

Syafii bahwa tak sampai pada

mayyit, namun adapula

pendapat dari kelompok

Syafii yg mengatakannya

sampai, dan sekelompok

besar ulama mengambil

pendapat bahwa sampainya

pahala semua macam ibadah,

berupa shalat, puasa, bacaan

Alqur ’an, ibadah dan yg

lainnya, sebagaimana

diriwayatkan dalam shahih

Bukhari pada Bab :

“ Barangsiapa yg wafat dan

atasnya nadzar” bahwa Ibn

Umar memerintahkan

seorang wanita yg wafat

ibunya yg masih punya

hutang shalat agar wanita itu

membayar(meng qadha)

shalatnya, dan dihikayatkan

oleh Penulis kitab Al Hawiy,

bahwa Atha bin Abi Ribah dan

Ishaq bin Rahawayh bahwa

mereka berdua mengatakan

bolehnya shalat dikirim untuk

mayyit,

telah berkata Syeikh Abu

Sa ’ad Abdullah bin

Muhammad bin Hibatullah bin

Abi Ishruun dari kalangan kita

(berkata Imam nawawi

dengan ucapan : “kalangan

kita” maksudnya dari

madzhab syafii) yg muta’akhir

(dimasa Imam Nawawi)

dalam kitabnya Al Intishar ilaa

Ikhtiyar bahwa hal ini seperti

ini. (sebagaimana

pembahasan diatas), berkata

Imam Abu Muhammad Al

Baghawiy dari kalangan kita

dalam kitabnya At Tahdzib :

Tidak jauh bagi mereka untuk

memberi satu Mudd untuk

membayar satu shalat (shalat

mayyit yg tertinggal) dan ini

semua izinnya sempurna, dan

dalil mereka adalah Qiyas atas

Doa dan sedekah dan haji

(sebagaimana riwayat hadist2

shahih) bahwa itu semua

sampai dengan pendapat yg

sepakat para ulama.

Dan dalil Imam syafii adalah

bahwa firman Allah : “dan

tiadalah bagi setiap manusia

kecuali amal perbuatannya

sendiri ” dan sabda Nabi saw :

“Bila wafat keturunan adam

maka terputus seluruh

amalnya kecuali tiga,

shadaqah Jariyah, atau ilmu

yg bermanfaat, atau anak

shalih yg mendoakannya ”.

(Syarh Nawawi Ala Shahih

Muslim Juz 1 hal 90)

Semoga bermanfaat

1.000.000 ORANG MENOLAK WAHABI DI INDONESIA
 

 

Topic: Tahlilan sampai tujuh hari ternyata tradisi para sahabat Nabi Saw dan para tabi'in

Date: 27/02/2012

By: DON

Subject: apakah 4 khalifah ada tahlilan

mengapa 4 khalifah tdk melaksanakan.dalil kurang kuat.mengapa imam bukhari dan muslim tidak memuat hadist tentang tahlilan...tdk melaksanakan tahlilan jangan di tuduh wahabi, karena nabi saat meninggal anak beliau tdk melaksanakan.begitu juga ketika abubakar meninggal, usman, umar dan ali tdk melaksanakan tahlilan.

Date: 29/03/2012

By: anti yanduk syaithon

Subject: Re: apakah 4 khalifah ada tahlilan

apaka yg tidak di lakukan 4 khalifah itu di larang agama .. coba anda berfikir jernih .. dan baca lagi dalil2 di blog ini

Date: 18/12/2011

By: anti tanduk syetan

Subject: dul wahhab pro tahlil kok

وذكر الشيخ محمد بن عبد الوهاب في كتابه أحكام تمني الموت ص75 مايفيد وصول ثواب الأعمال من الأحياء إلى الأموات ومن ضمنها قراءة القران للأموات حيث ذكر(وأخرج سعد الزنجاني عن أبي هريرة مرفوعا من دخل المقابر ثم قرأ فاتحة الكتاب وقل هو الله أحد والهاكم التكاثر ثم قال أني جعلت ثواب ما قرأت من كلامك لأهل المقابر من المؤمنين والمؤمنات كانوا شفعاء له إلى الله تعالى)
وأخرج عبد العزيز صاحب الخلال بسنده عن أنس مرفوعا من دخل المقابر فقرأ يس خفف الله عنهم وكان له بعدد من فيها حسنات)

Date: 06/12/2011

By: halil jibran

Subject: indanya tahlilan

hanya orang buta hati yang tidak bisa memahami dan tidak bisa menerima dalil-dalil tahlil..

sungguh malang orang tua yang punya anak anti tahlilan dan terjangkit virus-virus wahabi ... dia akan menjadi anak durhaka semasa ortu hidup dan setelah mati

ya allaaah selamatkan kami dan keluarga kami serta muslimin semua khususnya di indonesia dari faham sasat wahhabi dan tauhid taj
sim wahabi

amin yaa mujibassa ilin bi jahi sayyidil mursalin..

Date: 26/11/2011

By: toni

Subject: tahlilan

ketika putri rosululloh / shahabat meninggal, apakah yang rosululloh lakukan..?

A. TAHLILAN
B. TIDAK TAHLILAN

KENAPA ROSULULLOH TIDAK TAHLILAN..?

SUNGGUH DALAM DIRI ROSULULLOH TERDAPAT SURI TAULADAN YANG BAIK, DAN YG PALING MENGERTI IBADAH DALAM ISLAM ADALAH ROSULULLOH, BUAT SAYA PRIBADI CUKUPLAH APA APA YANG SUDAH DIKERJAKAN ROSULULLOH SEBAGAI CONTOH

Date: 28/11/2011

By: boy

Subject: Re: tahlilan

tony.. bego banget.. apa setiap yg tidak jelas2 d lakukan nabi itu di larang...

apa di zaman nabi dulu ada madrasah ? apa ada.printah bikin madrasah??

kenapa sekhnya wahhabi "utsaimin " di adakan haul mingguan???datangkan dalinya...

tony... lo bisa artikan bahasa arab g sih... liat di bawah ...tuh ada pendapat muhammad bin abdul.wahhab membolekan ... !!!
TAhlilan itu hanya sebuah nama di indonesia kok.... bego amat loh...

teman2 wahabi/salafy kayak loh udah banyak tobat loh...

smg u dpt hidayah amin..

Date: 04/12/2011

By: anang

Subject: Re: tahlilan

kok ada orang tengkar.......

Date: 14/12/2011

By: aq bangga di tuduh mjd wahabi

Subject: Re: tahlilan

setuju banget,,pokok e top...sunnah yes tahlilan no

Date: 18/12/2011

By: anti tanduk syetan

Subject: Re: Re: tahlilan

haha.. mana ada wahhabi berani bicara pake dalil di sini kan biasanya nyerocos pake dalil akal2lan nafsu.. coba jawab dalil2 di web ini
wahhabi indo tu ngikut siapa sih lawong muhammad bin abdul wahhab saja pro tahlil kok (liat koment paling akhir )

jelasnya salapi itu pengikut hawa nafsu syaithoni

... kok malah bangga jadi golongan tanduk syaitan .. nauzu billah

semuga aku dan keluargaku dan ketuerunannku selamat dari fitnah tanduk syaitah wahhabi najd... salapi(salah pikir )

Date: 17/11/2011

By: agus

Subject: NIH JUGA... PASANG MATA LEBAR LEBAR

http://portalhindu.com/2011/10/19/menggugat-kesaksian-ustadz-%E2%80%98%E2%80%99ida-bagus%E2%80%99%E2%80%99-abdul-aziz-2/comment-page-1/#comment-65

1 | 2 | 3 >>

New comment