PBNU: Ada Aliran Wahabi, Usir Saja!

09/09/2011 15:48

  ​Ketua PBNU, KH. Said Agil Siradj mengajak keluarag besar NU untuk mewaspadai aliran Wahabi yang mengajarkan kekerasan dengan menggunakan Islam. Pasalnya, di Indonesia ada 12 Yayasan yang beraliran Wahabi dengan didanai dari Arab Saudi.

"Waspadai aliran Wahabi, sudah ada 12 yayasan yang siap mengajarkan aliran islam keras dan tidak cocok dengan Islam Indonesia," kata Said Agil Siradj pada wartawan di Ponpes Miftahul Ulum Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto, Jum'at (22/07/2011).

Dia menambahkan, untuk Jawa Timur sudah terlacak yayasan yang beraliran wahabi, seperti di Jember Yayasan Al-Faruq dan Surabaya yayasan Al-Fitro. Kedunya mengajarkan aliran wahabi yang ada di Saudi Arabia dan tidak sesuai dengan ajaran Islam untuk Indonesia yang disebarkan oleh Sunan, leluhur dan ulama penyebar Islam di Nusantara. "Jadi Aliran Wahabi tidak cocok dengan umat islam di Indonesia," ungkapnya.

Sebanyak 12 Yayasan yang didanai dari Arab Saudi dan Negara Timur Tengah lainya ada di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Sumatera dan Sulawesi. Belasan yayasan ini melegalkan aksi kekerasn dengan menggunakan cara Islam Arab, bukan Islam Indonesia yang suka dengan kedamaian dan kerukunan antar umat beragama. "Kalau ada aliran Wahabi di Lumajang, usir saja," ujar Said Agil.

PBNU berharap semua PKB sebagai partainya NU harus berani melawan aliran Wahabi, tambah Said Agil, partai Golkar, PPP, Hanura, Gerindra, Demokrat tidak setuju dengan adanya aliran islam keras yang ideologinya dari tanah arab. "Di acara musda PKB ini, saya harap rekonsiliasi akbar dijadikan semangat menolak kekerasan dan radikalisme pada masyarakay Indonesia," pungkasnya. (

beritajatim) 

Topic: PBNU: Ada Aliran Wahabi, Usir Saja!

Date: 18/03/2012

By: Ahmad Ridwan

Subject: Ahmadxbt@hotmail.com

Ane sbagai orang awam jd bingung skarang bnyak orang sesama Islam saling mengkafirkan...

Date: 01/10/2011

By: nopie

Subject: coment

Kayaknya Pak Said Agil ini gak paham apa itu wahabi. Ingat gak, dulu Muhammadiyah juga kerap disebut wahabi tuh! Sekarang, Al-qaeda disebut wahabi, salafi disebut wahabi, orang yang kembali pada 'islam sebagaimana asalnya' disebut wahabi. Wahabi yang mana? Said Agil gak jelas sih..
Emang dia sudah baca kitab2-nya Muhammad bin Abdul Wahab (wahabi)? Yang sesat apanya? yang 'garis keras' apanya? Said Agil gak jelas sih....Karena gak sesuai aza kalee sama amalannya Said Agil...

"...menggunakan cara Islam Arab, bukan Islam Indonesia yang suka dengan kedamaian dan kerukunan antar umat beragama." Emang kalo bukan 'islam Indonesia' gak rukun ya? Lagi pula, emang ada islam Arab, Indonesia, Amerika, Mesir, Malaysia dll? Wah... Jadi tambah bingung nih, mo ikut islam negara mana ya?
Tapi kalo dipikir-pikir gua mah mo ikut islam arab saja (kalo harus milih sih...), karena islam asalnya dari sana, bukan indonesia ... he..he...he...

Date: 10/11/2011

By: aswaja

Subject: Re: coment

makin banyak salafy yang malu di panggil wahabi ... padahal ajaran dan akidahnya persis ngejiplak dari wahabi si tanduk syetan

go https://mubas.4rumer.com/f1-buka-topeng-wahhabi

New comment